%0 Thesis %9 Skripsi %A Utami Mahanani, NIM.: 16600036 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:59396 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K kecerdasan emosional; minat belajar; kemampuan pemecahan masalah Matematika %P 176 %T PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59396/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; 2) apakah terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; 3) apakah terdapat pengaruh positif minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional-kuntitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Piyungan dengan populasi siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan sebanyak 64 siswa pada kelas VIII B dan VIII C, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu skala kecerdasan emosional dan minat belajar, serta soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebelum melakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan hasil uji F dengan nilai %Z Pembimbing: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc