TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc ID - digilib59397 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59397/ A1 - Himmawati Zahro, NIM.: 16600066 Y1 - 2023/04/10/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh positif self efficacy dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah terdapat pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Salafiyah Wonoyoso Kebumen dengan populasi siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 100 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa pada kelas 8.1 dan 8.3 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu skala self efficacy, skala motivasi belajar dan dokumentasi pada hasil belajar siswa yaitu menggunakan penilaian akhir semester I (PAS I). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebelum melakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif self efficacy dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa dengan pengaruh sebesar; 3) terdapat pengaruh positif motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - self efficacy; motivasi belajar; hasil belajar matematika siswa M1 - skripsi TI - PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP/MTs AV - restricted EP - 176 ER -