eprintid: 59403 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/94/03 datestamp: 2023-07-04 01:58:20 lastmod: 2023-07-04 01:58:20 status_changed: 2023-07-04 01:58:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Maulidatil Hasanah, NIM.: 16600078 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT (JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM) ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS); CIRC; kemampuan pemecahan masalah; jajargenjang; trapesium note: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd, M.Pd abstract: Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan LKS matematika berbasis pembelajaran CIRC untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat khususnya di sub bab jajargenjang dan trapesium yang memenuhi kriteria ketercapaian yaitu valid dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan PPE Richey and Klein yang memiliki tiga tahapan yakni Planning (Perencanaan), Production (Produksi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian kualitas LKS dan lembar soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pembelajaran CIRC untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat memenuhi kriteria ketercapaian yaitu valid dan efektif. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pembelajaran CIRC termasuk dalam kriteria sangat baik dengan jumlah skor rata-rata 135,67 pada penilaian materi dan rata-rata 62,67 pada penilaian media. Efektif berdasarkan hasil posttest kemampuan pemecahan masalah siswa karena dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dilihat dari 87,5% dari siswa yang mengerjakan soal posttest tuntas dengan nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum Kompetensi Dasar (KKM KD) pada materi segiempat. Oleh karena itu, LKS matematika berbasis pembelajaran CIRC untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat (jajargenjang dan trapesium) layak digunakan. date: 2023-03-06 date_type: published pages: 193 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Maulidatil Hasanah, NIM.: 16600078 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT (JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59403/1/16600078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59403/2/16600078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf