@phdthesis{digilib59407, month = {March}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL MASASS (MANDIRI, AKTIF, SENANG, DAN ANTUSIAS SEMARANG SERASI) TEMA 7: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS III DI SD TERPADU MA?ARIF GUNUNGPRING MUNTILAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104080081 Eka Nur Aini}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd}, keywords = {E-Modul; hasil belajar; teknologi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59407/}, abstract = {Adanya pandemi covid-19 memaksa berbagai pihak melakukan berbagai cara agar pembelajaran dapat dilaksanakan. Bahan ajar e-lerning merupakan bahan ajar yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan oleh guru untuk mempermudah penyampaian materi agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Penggunaan e-modul MASASS (Mandiri, Aktif, Senang, dan Antusias Semarang Serasi) tema 7: perkembangan teknologi merupakan bahan ajar yang khusus dikembangkan untuk belajar dari secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh penggunaan e-modul MASASS (Mandiri, Aktif, Senang, dan Antusias Semarang Serasi) tema 7: perkembangan teknologi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III di SD Terpadu Ma?arif Gunungpring Muntilan dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan e-modul MASASS ((Mandiri, Aktif, Senang, dan Antusias Semarang Serasi) tema 7: perkembangan teknologi menurut presepsi peserta didik kelas III di SD Terpadu Ma?arif Gunungpring Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dibatasi hanya untuk mengetahui besarnya efektivitas penggunaan e-modul MASASS Tema 7: Perkembangan Teknologi sebagai bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di SD Terpadu Ma?arif Gunungpring Muntilan. Instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner dan soal. Sampel yang digunakan adalah kelas III B SD Terpadu Gunungpring Muntilan sebanyak 28 peserta didik. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis guna mengetahui ada tidaknya pengaruh dan besarnya efektivitas penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan nilai posttest. Hal tersebut dibuktikan melalui Uji-T dengan dipeoleh nilai signifikasi sebesar 0,00. Penggunaan e-modul MASASS Tema 7: Perkembangan Teknologi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III di SD Terpadu Ma?arif Gunubgpring Muntilan. Hal tersebut dibuktikan dengan uji N-gain yang diperoleh sebesar 61,8\% yang termasuk dalam kategori cukup efektif (56\%-75\%). Jika dilihat dari besar perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar pesrta didik dapat dilihat nilai rata-rata posttest sebesar 84,36 lebih besar dari nilai rata-rata pretest sebesar 72,89. Berdasarkan penilaian dari peserta didik e-modul MASASS efektif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan penilaian peserta didik sebesar 63,69\%. Adapun kelebihan e-modul MASASS menurut peserta ix didik adalah terjalin interaksi yang baik, penggunaan yang mudah, dapat digunakan secara mandiri, materi mudah dibaca, serta tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Dan kelemahan e-modul MASASS untuk menggunakan e-modul harus mengunduh aplikasi WPS serta memerlukan hardware (HP, laptop, komouter) untuk membuka e-modul.} }