TY - THES N1 - Pembimbing: Nurul Huda, S.S, M.Pd.I ID - digilib59432 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59432/ A1 - Riza Miftakhul Mujib Sgn, NIM.: 18104020090 Y1 - 2023/04/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui.bagaimana penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Nurul Husna Marjanji Aceh tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental research dengan model pretest dan post-test control group. Populasi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsNurul Husna Marjanji Aceh dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII A sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 29 orang dan siswa kelas VII B sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument soal pretest dan post-test, observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis data penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Sig. (-2 tailed) uji paired sample t test kelas eksperimen sebesar 0,000< 0,050 dan rata-rata hasil post-test kelas ekperimen lebih tinggi dari hasil post-test kelas kontrol yaitu 74.79. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bahasa Arab; metode make a match; pembelajaran kooperatif; hasil belajar M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELASVIIA MTS NURUL HUSNA ASAHAN SUMATERA UTARA AV - restricted EP - 133 ER -