TY - THES N1 - Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd ID - digilib59436 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59436/ A1 - Iqna Isti?nafiyah As Silmi, NIM.: 18106080041 Y1 - 2023/05/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap modul biologi berbasis Islamic-STEM materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang dikembangkan sebagai bahan ajar mandiri siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D atau Reaserch and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar angket dan dokumentasi. Lembar angket digunakan untuk melakukan validasi produk kepada ahli media, ahli materi, respon guru biologi, dan siswa. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul biologi dapat dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Kelayakan modul biologi dilihat dari persentase validasi ahli media sebesar 97,8% dengan kategori sangat baik, ahli materi 84% dengan kategori sangat baik, dan guru biologi sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Respon siswa dilihat dari hasil uji coba terbatas berupa uji coba skala kecil yang mendapatkan persentase sebanyak 83,37% dengan kategori sangat baik dan uji coba skala besar 80,2% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul biologi berbasis Islamic-STEM materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan mempunyai kualitas yang sangat baik atau sangat valid untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Modul; Islamic-STEM; pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan; bahan ajar mandiri. M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAMIC-STEM MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMA/MA AV - restricted EP - 133 ER -