%A NIM.: 18106090007 Sherly Liska Putri %O Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA %X Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad ke 21. Salah satu upaya untuk melatih kemampuan pemecahan masalah fisika adalah menerapkan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan Fluida Statis. 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah Fluida Statis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL). Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen (Pre-Experimental Design) dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yakni model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) dan variabel terikat yakni kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Patuk tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Pusposive Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI Fase F1 SMA Negeri 1 Patuk sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar soal Pretest-Postest berbentuk uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan uji N-Gain (Normalized gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada pokok bahasan fluida statis dengan taraf signifikansi (Sig. 2-Tailed) = 0,000 < α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada pokok bahasan fluida statis dengan hasil N-Gain = 0,73 (Tinggi). %K Challenge Based Learning (CBL); Fluida Statis; Kemampuan Pemecahan Masalah. %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib59437