eprintid: 59437 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/94/37 datestamp: 2023-07-04 05:49:41 lastmod: 2023-07-04 05:49:41 status_changed: 2023-07-04 05:49:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Sherly Liska Putri, NIM.: 18106090007 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: med_pemb divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Challenge Based Learning (CBL); Fluida Statis; Kemampuan Pemecahan Masalah. note: Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd abstract: Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad ke 21. Salah satu upaya untuk melatih kemampuan pemecahan masalah fisika adalah menerapkan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan Fluida Statis. 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah Fluida Statis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL). Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen (Pre-Experimental Design) dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yakni model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) dan variabel terikat yakni kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Patuk tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Pusposive Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI Fase F1 SMA Negeri 1 Patuk sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar soal Pretest-Postest berbentuk uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan uji N-Gain (Normalized gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada pokok bahasan fluida statis dengan taraf signifikansi (Sig. 2-Tailed) = 0,000 < α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada pokok bahasan fluida statis dengan hasil N-Gain = 0,73 (Tinggi). date: 2023-05-09 date_type: published pages: 234 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sherly Liska Putri, NIM.: 18106090007 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59437/1/18106090007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59437/2/18106090007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf