eprintid: 59456 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/94/56 datestamp: 2023-07-04 02:28:34 lastmod: 2023-07-04 02:28:34 status_changed: 2023-07-04 02:28:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Bertiana Rizkika Nugrahini, NIM.: 18104020029 title: MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 1 KOTA MADIUN ispublished: pub subjects: manj_pend subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Sistem, Pembelajaran, Bahasa Arab note: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sistem pembelajaran bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun beserta kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana hasil penelitian akan dipaparkan secara deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, serta guru-guru bahasa Arab MIN 1 Kota Madiun. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, mereduksi data yang sudah terkumpul, menganalisis data-data yang terkumpul dengan sistematis, serta mengambil kesimpulan dengan memilah data yang lebih penting. Hasil dari penelitian adalah manajemen sistem pembelajaran bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dapat ditinjau dari perencanaan sistem pembelajaran, dimana para guru bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun membuat program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sedangkan dalam pengorganisasian sistem pembelajaran, guru-guru bahasa Arab menentukan pendekatan, strategi, metode, media, dan sumber belajar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Dalam pengarahan pembelajaran, guru menyampaikan materi pembelajaran dengan berbagai metode. Selain menyampaikan materi, guru juga memotivasi peserta didik. Dalam pengawasan pembelajaran, para guru bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun membagi penilaian menjadi tiga yaitu penilaian formatif, penilaian harian, dan penilaian akhir semester. Kelebihan dari manajemen sistem pembelajaran bahasa Arab di MIN 1 Kota Madiun yaitu adanya evaluasi tahunan, adanya tim penelaah sumber belajar, kurikulum yang menyesuaikan dengan kebutuhan, serta guru yang menggunakan berbagai metode pembelajaran. Sedangkan kekurangannya adalah beberapa guru masih jarang menggunakan media pembelajaran, minat peserta didik yang rendah, serta kesulitan yang dialami peserta didik tiap kelas berbeda. date: 2023-04-17 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Bertiana Rizkika Nugrahini, NIM.: 18104020029 (2023) MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN 1 KOTA MADIUN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59456/1/18104020029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59456/2/18104020029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf