%0 Thesis %9 Skripsi %A Richy Cahyadi, NIM.: 18104020076 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:59458 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Sekolah Berbasis Pesantren, Prestasi Belajar, Bahasa Arab %P 143 %T PENGARUH SEKOLAH BERBASIS PESANTREN SMP AL ALBAB PAKIS MAGELANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX TAHUN 2022/2023 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59458/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat program berbasis pesantren di SMP Al Albab. 2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari program sekolah berbasis pesantren SMP Al Albab Pakis Magelang terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX tahun 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. sumber data berasal dari siswa, guru pengampu bahasa Arab, dan pengurus pondok pesantren, Metode pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi, wawancara dan kuisioner. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa; tingkat prestasi belajar siswa berada pada nilai rata-rata 82 dan termasuk dalam kategori interval sedang. Terdapat pengaruh dari Program berbasis pesantren terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX SMP Al Albab Pakis Magelang, hal tersebut diketahui setelah dilakukan pengujian signifikansi menunjukkan bahwa terdapat nilai probabilitas sebesar 0.000 < 0,05. hasil penelitan juga menunjukan bahwa presentase pengaruh dari sekolah berbasis pesantren terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah 55,2% sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian. %Z Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. SI, M.Pd