%0 Thesis %9 Skripsi %A Silva Fathun Nisa, NIM.: 19104020011 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:59460 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Pembelajaran, Index Card Match, Mahaarah Qiraaah %P 148 %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MAHARAH QIRAAAH SISWA KELAS X MA PUI CIJANTUNG CIAMIS TAHUN AJARAN 2022/2023 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59460/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar māharah qirāah antara siswa kelas eksperimen (kelas yang menggunakan metode index card match) dengan siswa kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan metode index card match) sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X. Sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas X IPA sebanyak 22 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X IPS 1 sebanyak 20 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai uji independent sample post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan rata-rata hasil belajar māharah qirāah yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji paired sample test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. 0,00 > 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar māharah qirāah siswa kelas eksperimen. Setelah diadakan treatment dengan menggunakan metode index card match dalam pembelajaran bahasa Arab, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran index card match terhadap mahārah qirāah siswa kelas X MA PUI Cijantung Ciamis. %Z Pembimbing: Dr. Nurhadi, S. Ag. MA