%A NIM.: 18104080011 Wahdany Adha Putra %O Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI SISWA KELAS V DI SD NEGERI BATURAN 1 TAHUN AJARAN 2022/2023 %X Penggunaan model pembelajaran yang bervariatif digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran complete sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V di SD Negeri Baturan 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil dan efektivitas dari penggunaan model pembelajaran complete sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis teks nonfiksi pada siswa kelas V di SD Negeri Baturan 1. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment berbentuk the one group prestest-posttest design dengan menggunakan teknik sampel jenuh yang melibatkan 24 peserta didik. Tenknik pengolahan data dilakukan menggunakan teknik paired sample t-test dan uji N-gain berbantu aplikasi IBM SPSS version 25 for Windows. Berdasarkan hasil yang didapatkan pada penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran complete sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V di SD Negeri Baturan 1. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t berpasangan dengan nilai %K Model Pembelajaran, Complete Sentence, Keterampilan Menulis %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib59461