@phdthesis{digilib59466, month = {April}, title = {PROBLEMATIKA STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN 2023}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104010086 Anisy Rahmawati}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Akhmad Soleh, S.Ag., M.Si.}, keywords = {Problematika, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Penyandang Disabilitas Intelektual}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59466/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam strategi pembelajaran PAI pada siswa Kelas VI di SLBN 1 Yogyakarta, yaitu keterbatasan siswa sendiri, kemudian siswa mudah bosan dan tidak mood atau kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran. Permasalahan pada guru yaitu, penggunaan media yang monoton dan kurang menarik minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran, sehingga siswa mudah bosan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika dan pola penanganan belajar/mengajar dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam pada peserta didik disabilitas intelektual di SLBN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah: Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik disabilitas intelektual di SLBN 1 Yogyakarta yaitu dimulai dengan berdoa bersama, dilanjutkan dengan ice breaking yang membuat peserta didik bersemangat, problematika yang terjadi pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peserta didik disabilitas intelektual yakni, 1) Problem dari siswa sendiri yaitu mudah bosan dan tidak mood saat pembelajaran. 2) Guru menggunakan media yang monoton dan kurang menarik minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran, sehingga siswa mudah bosan. Penanganan pembelajaran untuk mengatasi problematika Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah penggunaan metode dan media pembelajaran harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh siswa. Seperti memilih media pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa agar siswa tidak mudah bosan, kemudian tidak menggunakan media yang itu-itu saja. Bisa ditambah dengan media lainnya, serta media tidak hanya satu saja..} }