eprintid: 59467 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/94/67 datestamp: 2023-07-04 04:05:58 lastmod: 2023-07-04 04:05:58 status_changed: 2023-07-04 04:05:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Layina Nur Kholipah, NIM.: 19104010093 title: PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH BAB SHALAT FARDHU BAGI SISWA PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2020/2021 ispublished: pub subjects: P subjects: fiqih subjects: in_klusif divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Penyandang Disabilitas Sensorik Netra, Fikih, Shalat Fardhu note: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si. abstract: Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu pada siswa penyandang disabilitas sensorik netra. Adanya keterbatasan dalam alat indera memungkinkan siswa penyandang disabilitas sensorik netra mengalami berbagai kendala dalam memahami materi tentang shalat fardhu. Oleh karena itu perlu digali apa saja yang menjadi masalah bagi siswa penyandang disabilitas sensorik netra dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu serta bagaimana solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fikih bab shalat fardhu bagi siswa penyandang disabilitas sensorik netra di MAN 2 Sleman, 2) mengetahui apa saja problematika yang terjadi pada siswa penyandang disabilitas sensorik netra dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu di MAN 2 Sleman, 3) mengetahui bagaimana solusi guru Fikih mengatasi problematika yang terjadi pada siswa penyandang disabilitas sensorik netra dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu di MAN 2 Sleman Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, serta menggunakan beberapa cara untuk mengumpulkan data, yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah enam siswa penyandang disabilitas sensorik netra, satu guru Fikih, satu guru koordinator ULD, waka kurikulum serta kepala madrasah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran Fikih bab shalat fardhu dan praktek shalat bagi siswa penyandang disabilitas sensorik netra. Permasalahan dalam pembelajaran banyak disebabkan oleh kurang matangnya perencanaan pembelajaran serta kondisi pandemi covid-19 yang memaksa pembelajaran dilakukan secara daring. Disamping itu permasalahan dalam praktek shalat disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa tentang gerakan shalat serta kurangnya fasilitas umum bagi penyandang disabilitas sensorik netra di masjid. date: 2023-05-23 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Layina Nur Kholipah, NIM.: 19104010093 (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIKIH BAB SHALAT FARDHU BAGI SISWA PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK NETRA DI MAN 2 SLEMAN TAHUN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59467/1/19104010093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59467/2/19104010093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf