%0 Thesis %9 Skripsi %A Nita Suryantiwi, NIM.: 19104010108 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:59469 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Aplikasi TikTok, Media Pembelajaran, Ilmu Tajwid %P 174 %T MEMAHAMI TAJWID MELALUI APLIKASI TIKTOK (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK KELAS V, SD NEGERI 1 GODEGAN, SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59469/ %X Meningkatknya penggunaan TikTok pada peserta didik sehingga diperlukan peran guru dalam memaksimalkan TikTok sebagai media pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan TikTok dalam menguatkan materi tajwid pada peserta didik. Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak jauh dari ayat-ayat Al-Qur’an, hukum tajwid yang ada di dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan lain sebagainya. Pelajaran cara membaca Al-Qur’an di sekolah-sekolah formal sebagian besar tidak diberikan jam khusus. Bahkan kurikulum yang berlaku, menyatukan pelajaran ilmu tajwid dalam satu mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI). Ilmu tajwid hanya diselipkan menjadi sub bab di tiap pokok bahasan bab yang ada di mata pelajaran PAI. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media digital dan pemanfaatan aplikasi TikTok dalam pembelajaran PAI untuk penguatan materi tajwid peserta didik kelas V SD Negeri 1 Godegan Srandakan Bantul Yogyakarta. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Ada tiga tahapan upaya guru mengajarkan media digital dalam pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Respon Peserta Didik dalam Pembelajaran Tajwid Melalui Tiktok 1) Aplikasi TikTok bermanfaat dalam menumbuhkan nilai kreativitas yang ditampilkan dalam video-video pendek terkait materi tajwid alif lam ( ال ) dan mim mati ( 2 .( مْ ) Peserta didik menyadari hukum bacaan alif lam ( ال ) atau mim mati ( مْ ) yang salah. 3) Peserta didik mudah dalam membedakan hukum bacaan alif lam ( ال ) dan mim mati ( مْ ) dalam membaca Q.S Surat Al-Ma’un. 4) Aplikasi TikTok dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik. %Z Pembimbing: Yuli Kuswandari, M.Hum