@phdthesis{digilib59470, month = {May}, title = {ANALISIS BENTUK POLA, MAKNA, FUNGSI DAN KEDUDUKAN ISIM FA?IL DALAM QS. AL- ANFAL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU SARAF}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104020003 Ihsan Irfandi}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag}, keywords = {Isim Fa'il , Surah al- Anfal, Metode Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59470/}, abstract = {Isim f{\=a}?il sebagai salah satu dari hasil perubahan bentuk kata dalam bahasa Arab memang memiliki bentuk pola yang beragam, hal ini menjadi alasan banyak para pembelajar bahasa Arab merasa sulit mengaplikasikannya dalam sebuah kalimat. Mereka kesulitan untuk menentukan pola yang tepat dari isim f{\=a}?il dan terkadang tertukar dengan wazan yang lain. Kesalahan dalam penggunaan isim f{\=a}?il juga akan berdampak pada kesalahan makna yang terkandung di dalamnya dan berakibat adanya kesalahpahaman dengan makna yang diinginkan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan isim f{\=a}?il yang terdapat dalam s{\=u}rah al-Anf{\=a}l dan menawarkan metode pengajaran yang tepat untuk mempelajari isim f{\=a}?il tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini adalah isim f{\=a}?il yang terdapat dalam s{\=u}rah al-Anf{\=a}l. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah al-Qur{\'a}n s{\=u}rah al-Anf{\=a}l dan kitab i?rab Al-Qur?{\=a}n al-Karim wa Bayanuhu serta buku-buku yang berkaitan dengan bahasa Arab sebagai sumber data pendukung. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi dan observasi. Adupun teknik analisis data yang digunakan bersifat induktif, dimulai dari mereduksi data lalu penyajian data dan kemudian dihasilkan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Macam-macam wazan isim f{\=a}?il yang terdapat dalam s{\=u}rah al-Anf{\=a}l ada 6 macam wazan dan jumlah keseluruhan bentuk isim f{\=a}?il sebanyak 35 yang terdiri dari 14 ????? ?? , 15 ?????? ?? , 2 ??????? ?? , 2 ????????? ?? , 1 ???????? ?? , 1 ??????? ?? . Di antara isim f{\=a}?il tersebut ada yang dapat beramal sebagaimana amal fi?ilnya dan ada yang tidak beramal. (2) Penggunaan metode induktif diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami faedah, jenis, dan makna yang terkandung dalam isim f{\=a}?il yang beragam} }