@phdthesis{digilib59472, month = {March}, title = {EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI APLIKASI AYAT AL-QUR?AN TERHADAP HAFALAN AL-QUR?AN DI KELAS XI SMAN 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2022/2023}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104010019 Alif Nur Rohman}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA}, keywords = {aplikasi ayat Al-Qur?an; hafalan Al-Qur?an; metode talaqqi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59472/}, abstract = {Peserta didik dituntut untuk menghafalkan ayat-ayat Al-Qur?an demi penguasaan materi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Salah satu metode yang sering digunakan dalam menghafal Al-Qur?an adalah metode talaqqi. Akan tetapi, dalam praktiknya terdapat beberapa kelemahan dalam penggunaan metode talaqqi. Aplikasi Ayat Al-Qur?an dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur?an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan teknologi Aplikasi Ayat Al-Qur?an terhadap hafalan Al-Qur?an dan peningkatan hafalan Al-Qur?an peserta didik di SMAN 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain kuasi eksperimen. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan metode independent-sample t test. Hasil penelitian ini adalah : Adanya efektivitas pemanfaatan Aplikasi Ayat Al-Qur?an terhadap hafalan Al-Qur?an dan peningkatan hafalan Al-Qur?an peserta didik di SMAN 1 Sedayu yang dilakukan di kelas eksperimen (XI MIPA 1) dengan hasil (sig.2-tiled) 0,66 untuk data pretest, dan (sig.2-tiled) 0,000 untuk data posttest. Di mana kriteria pengambilan keputusan dari hasil pretest adalah jika (sig.2-tiled) {\ensuremath{>}} 0,05, maka tidak ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lain halnya dengan kriteria pengambilan keputusan hasil posttest adalah jika (sig.2-tiled) {\ensuremath{<}} 0,05, maka ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut juga dapat dilihat dari nilai N-gain pada masing-masing kelas yang menunjukkan peningkatan kategori yang berbeda. Kelas eksperimen memiliki nilai N-gain dengan harga 0,48 yang masuk pada kategori sedang sedangkan kelas kontrol memiliki nilai N-gain dengan harga 0,16 yang masuk pada kategori rendah.} }