eprintid: 59473 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/94/73 datestamp: 2023-07-04 06:42:02 lastmod: 2023-07-04 06:42:02 status_changed: 2023-07-04 06:42:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Fatihatun Ni’mah, NIM.: 19104010055 title: PROBLEMATIKA PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM PROSES MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL QUR’AN WONOSARI ispublished: pub subjects: P subjects: ilm_tajwid divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: ilmu Tajwid; motivasi belajar; tahfizul Quran note: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA abstract: Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya permasalahan dalam penerapan ilmu tajwid yang ada di MI Darul Qur’an dimana madrasah ini memiliki program Taḥfīẓul Qur’an dengan menerapkan metode taḥsīn berupa pembenahan ilmu tajwid dan taḥfīẓ berupa hafalan baru. Namun terdapat kendala dalam penerapan program Taḥfīẓul Qur’an di MI Darul Qur’an. Di dalam madrasah ini terdapat suatu kelas yang masih memerlukan pendampingan yang lebih intensif dalam penerapan ilmu tajwid jika dibandingkan kelas yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan mengenai penerapan ilmu tajwid dalam menghafal Al-Qur’an beserta penyebab dan upaya yang dilakukan madrasah dalam menangani permasalahan tersebut supaya dapat menjadi alternatif penyelesaian pada madrasah lain dengan basis Taḥfīẓul Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pembelajaran tajwid dilakukan dengan cara Guru Taḥfīẓ memberikan suatu ayat kepada peserta didik kemudian peserta didik menirukan dan mencari hukum bacaannya, apabila salah maka Guru Taḥfīẓ akan membenarkan bacaan tersebut. Hal tersebut juga berlaku pada saat peserta didik membaca maupun menghafal Al-Qur’an. Aspek penerapan ilmu tajwid ini juga nantinya akan menjadi pertimbangan lulus atau tidaknya peserta didik dalam ujian hafalan kenaikan juz. Apabila nilai keseluruhan kurang dari 70 (sudah termasuk tajwid di dalamnya) maka peserta didik belum bisa melanjutkan pada hafalan juz berikutnya. 2) Permasalahan dalam penerapan ilmu tajwid yang sering terjadi adalah hukum ikhfa yang masih dibaca izhar, ghunnah, mad, dan daya pemahaman peserta didik yang berbeda beda. Hal tersebut dipengaruhi pasca pandemi Covid-19, kurangnya SDM yang mengajar taḥfīẓ, dan Guru Taḥfīẓ yang berubah-ubah. Peserta didik juga sering kali lupa dan tidak mencatat materi tajwid sehingga kesalahan tajwid dapat terjadi berulang-ulang. 3) Upaya madrasah dalam mengatasi permasalahan yang ada adalah dengan memaksimalkan jam istirahat, bekerja sama dengan Yayasan Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad dari segi SDM untuk membantu dalam program Taḥfīẓul Qur’an, mengadakan simakan rutin satu bulan sekali, mempererat komunikasi dengan orang tua peserta didik, serta problematika pembelajaran tajwid ini dapat diatasi dengan metode taḥsīn. date: 2023-05-03 date_type: published pages: 168 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fatihatun Ni’mah, NIM.: 19104010055 (2023) PROBLEMATIKA PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM PROSES MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL QUR’AN WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59473/1/19104010055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59473/2/19104010055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf