%0 Thesis %9 Skripsi %A Wafa' Rizqiyya Adira, NIM.: 19104020022 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:59475 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Duolingo, Minat Belajar, Bahasa Arab %P 176 %T EFEKTIVITAS MEDIA DUOLINGO SEBAGAI APLIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX MTs AL RIYADHUL JANNAH KABUPATEN LEBAK-BANTEN TAHUN AJARAN 2022/2023 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59475/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media duolingo efektif dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas IX MTs Al Riyadhul Jannah serta apakah minat belajar bahasa Arab siswa kelas IX MTs Al Riyadhul Jannah dapat meningkat melalui media duolingo. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan khususnya pada media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya ialah pre-experimental designs (nondesigns) dengan metode one-group pretest-posttest design. Populasi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al Riyadhul Jannah, sedangkan sampel penelitian yang diambil ialah siswa kelas IX C MTs Al Riyadhul Jannah yang berjumlah 21 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Uji hipotesis data penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dan uji n-gain yang dihitung melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media duolingo efektif dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas IX MTs Al Riyadhul Jannah serta terjadi peningkatan pada minat belajar bahasa Arab siswa kelas IX MTs Al Riyadhul Jannah melalui media duolingo. %Z Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si