@phdthesis{digilib59476, month = {March}, title = {EKSPERIMENTASI METODE READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-QIRA?AH DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104020023 Zulfa Tsalitsatul Muna}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag., M.A}, keywords = {Metode Pembelajaran, Reading Guide, Mah{\=a}rah Al-Qira?ah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59476/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya keterampilan membaca (mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah) peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 5 Bantul. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah dengan menggunakan metode reading guide di kelas VII MTs Negeri 5 Bantul. 2) Untuk mengetahui perbedaan antara nilai mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Objek penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pre-test dan post-test. Untuk menguji keabsahan instrumen dilakukan uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment Karl Pearson, dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach?s. Persyaratan analisis data meliputi uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Analisis Varian. Adapun analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 66,49 sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 55,89. Dan berdasarkan hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode reading guide dapat dijadikan sebagai solusi alternatif dalam pembelajaran mahar{\=a}h al-qir{\=a}?ah.} }