TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. ID - digilib59483 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59483/ A1 - Boby Bagas Purnama, NIM.: 19104020029 Y1 - 2023/04/17/ N2 - Setiap pengarang harus memperhatikan kualitas dari buku teks yang dikarangnya karena kualitas buku teks tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentasi materi yang terdapat pada buku Ilmu Na?wu Untuk Pemula dan buku Na?wu I?rab Metode Sebarkan serta komparasi antara keduanya. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini berupa presentasi materi pada buku Ilmu Na?wu Untuk Pemula dan buku Na?wu I?rab Metode Sebarkan. Sumber data primer terdiri dari buku Ilmu Na?wu Untuk Pemula dan buku Na?wu I?rab Metode Sebarkan sedangkan sumber data sekunder ialah buku Language Teaching Analysis dan buku-buku atau jurnal-jurnal ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prosedur presentasi isi materi yang terdapat pada buku Ilmu Na?wu untuk Pemula hanya meliputi prosedur diferensial dan prosedur kontekstual, (2) prosedur presentasi isi materi yang terdapat pada buku Na?wu I?rab Metode Sebarkan hanya meliputi prosedur diferensial dan prosedur kontekstual, serta (3) berdasarkan analisis dengan teori presentasi yang dikemukakan Mackey, menunjukkan bahwa buku Ilmu Na?wu untuk Pemula lebih unggul. Hal ini terletak pada prosedur diferensial yang berisi rumus sakti agar memudahkan peserta didik dalam memahami materi, setiap penjelasan pada buku Ilmu Na?wu untuk Pemula disesuaikan dan dibandingkan dengan tata bahasa Indonesia agar peserta didik dapat lebih mudah memahami tata bahasa Arab sehingga buku Ilmu Na?wu untuk Pemula lebih cocok digunakan oleh peserta didik yang ingin memahami ilmu na?wu lebih mendalam sedangkan buku Na?wu I?rab Metode Sebarkan cocok digunakan oleh peserta didik yang hanya sebatas mengetahui kaidah ilmu na?wu secara umum karena prosedur diferensial yang terdapat pada buku Na?wu I?rab Metode Sebarkan lebih banyak menggunakan aspek definisi dan kaidah secara singkat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - studi komparasi KW - buku teks KW - presentasi materi KW - ilmu na?wu M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARASI BUKU ?ILMU NAHWU UNTUK PEMULA? KARYA ABU RAZIN DAN UMMU RAZIN DENGAN BUKU ?NA?WU I?RAB METODE SEBARKAN? KARYA ABU UMAR DAUD ABDU ROBBIL HAQ (DITINJAU DARI SEGI PENYAJIAN MATERI) AV - restricted EP - 192 ER -