eprintid: 59484 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/05/94/84 datestamp: 2023-07-04 06:12:44 lastmod: 2023-07-04 06:12:44 status_changed: 2023-07-04 06:12:44 type: book metadata_visibility: show creators_name: Rinduan Zain, - creators_name: Zainal Arifin Ahmad, - creators_name: Nurhadi, - title: Manajemen Perkuliahan Berbasis Elearning di Perguruan Tinggi ispublished: pub subjects: pdk divisions: a-buku full_text_status: public keywords: Manajemen Perkuliahan, Berbasis Elearning, Perguruan Tinggi abstract: Dalam era globalisasi informasi seperti sekarang ini, keberadaan informasi mempunyai arti dan peranan sangat penting dalam kehidupan. Ungkapan information is power semakin tidak terbantahkan. Arti penting informasi telah memicu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan perangkat-perangkat informatika yang semakin canggih dan jaringan-jaringan sistem informasi yang semakin rumit dan handal. Salah satunya adalah teknologi informasi dan komunikasi melalui internet. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya media internet, dirasakan semakin banyak memberikan manfaat bagi kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Menurut teori Sibernetik, tersedianya informasi sekaligus kemampuan mengolah informasi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan peserta didik dalam belajar. Hal ini senada dengan asumsi bahwa pengetahuan adalah informasi yang saling dihubungkomunikasikan (knowledge is interlink-communicated information). Dalam buku ini makna elearning bukan sekadar proses pembelajaran yang disampaikan melalui komputer dan internet, tetapi lebih dari itu merupakan proses pembelajaran yang dilakukan secara sistematis, interaktif, dinamis, konstruktif, kontekstual, kolaboratif dan interkonektif yang dilakukan secara online. Aktifitas pendidik dan peserta didik dalam elearning sebagaimana dimaksud dalam buku ini, bukan sekadar mengupload dan mendownload materi pembelajaran, tetapi mencakup banyak kegiatan, seperti presentasi, konsultasi, diskusi/seminar, tanya jawab, pengumpulan tugas, pelaksanaan ujian, dan penilaian hasil belajar, baik penilaian yang dilakukan oleh pendidik maupun oleh sesama peserta didik (penilaian teman sejawat). Bahkan, para pendidik dan peserta didik dapat melakukan interaksi melaui media sosial seperti chating, sms, dan email yang tersedia dalam elearning. date: 2020 date_type: published publisher: National Consortium for Implementing Elearning (NCIE) Center for Developing Islamic Education (CDIE) FITK UIN Sunan Kalijaga place_of_pub: Yogyakarta refereed: TRUE isbn: 978-979-8599-07-1 citation: Rinduan Zain, - and Zainal Arifin Ahmad, - and Nurhadi, - (2020) Manajemen Perkuliahan Berbasis Elearning di Perguruan Tinggi. National Consortium for Implementing Elearning (NCIE) Center for Developing Islamic Education (CDIE) FITK UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. ISBN 978-979-8599-07-1 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59484/1/Manajemen%20Perkuliahan%20Berbasis%20Elearning%20di%20Perguruan%20Tinggi.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59484/2/surat-surat-pernyataan1688450221.pdf