TY - THES N1 - Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I ID - digilib59489 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59489/ A1 - Siti Muslichatul Fauziyah, NIM.: 19104020041 Y1 - 2023/05/31/ N2 - Kosakata merupakan salah satu dari unsur bahasa terpenting dalam memahami bahasa asing. Kosakata yang mencukupi akan memberikan modal bagi seseorang baik untuk berkomunikasi secara lisan maupun tertulis. Namun, kebanyakan pada penerapan pembelajaran kosakata bahasa Arab terlihat monoton dan membosankan sehingga siswa merasa sulit mempelajari bahasa Arab khususnya dalam mempelajari kosakata bahasa Arab. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan pembelajaran dengan menggunakan media permainan ular tangga dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media ular tangga khususnya dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas IV B MI Ma?arif Giriloyo 2 Bantul, mengetahui peran yang diberikan media permainan ular tangga dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab, dan mengetahui faktor penghambat maupun pendukung dari penerapan media pembelajaran menggunakan media permainan ular tangga. Penelitian ini dilakukan di kelas IVB MI Ma?arif Giriloyo 2 Bantul. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data-data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pendukung penelitian. Dalam menganalisis data yang didapatkan peneliti menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa : (1) proses pembelajaran menggunakan media permainan ular tangga dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas IV B diawali dengan penyampaian materi oleh guru dan pembagian kelompok siswa. Dilanjutkan siswa memainkan ular tangga sesuai dengan aturan dan cara bermain ular tangga dengan menyebutkan gambar yang terdapat dalam kotak ular tangga menggunakan bahasa arab. Permainan akan dimenangkan oleh kelompok yang mencapai garis finish terlebih dahulu. (2) Peran media permainan ular tangga dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab yakni memberikan daya tarik siswa terhadap materi, membantu memperkuat daya ingat siswa, dan meningkatkan motivasi belajar siswa. (3) beberapa kendala dalam proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media permainan ular tangga seperti waktu yang digunakan cukup singkat, beberapa anak masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep bermain ular tangga. Namun, dalam proses pembelajaran tercipta sebuah kerja sama yang bagus baik antar siswa maupun dengan guru serta mampu memberikan semangat baru bagi siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Permainan Ular Tangga KW - Kosakata KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV B MI MA?ARIF GIRILOYO 2 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023 AV - restricted EP - 136 ER -