%0 Thesis %9 Skripsi %A Mar’a Aqila Sholiha, NIM.: 19104020083 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:59492 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bahasa Arab, Pembelajaran, Pendidikan Khusus, Siswa Berkebutuhan Khsusus, Tunanetra %P 202 %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59492/ %X Anak berkebutuhan khusus (tunanetra) memiliki hambatan dalam indera penglihatannya, kondisi ini membuat mereka mengalami kesulitan dalam beraktivitas termasuk dalam belajar, maka diperlukanlah modifikasi terkait metode, strategi, dan media pembelajaran dengan menyesuiakan kondisi siswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran bahasa Arab kepada siswa berkebutuhan khusus (tunanetra) di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta Tahun Pelajaran 2022/2023; untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab pada anak berkebutuhan khusus; dan upaya guru dalam mengatasi problematika yang dihadapi. Adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa berkebutuhan khusus tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab, kepala madrasah, dan siswa di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Semua data yang didapatkan diorganisir dalam beberapa kategori sehingga data disajikan dengan menyesuaikan dengan rumusan masalah yang diteliti. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses kegiatan pembelajaran bahasa Arab pada siswa berkebutuhan khusus di MTs LB/A Yaketunis meliputi tiga tahap, yakni kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, guru menerapkan metode, strategi, dan media yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa. Kurikulum yang digunakan juga telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa. Adapun pembelajaran bahasa Arab memiliki faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran tersebut. Faktor pendukung terdiri dari faktor internal siswa seperti minat, motivasi, dan semangat yang tinggi dalam belajar bahasa Arab, serta faktor eksternal yang meliputi dukungan guru, metode dan strategi pembelajaran, serta sarana prasarana madrasah. Namun masih ada beberapa kendala yang membuat kelancaran proses pembelajaran menjadi terhambat. Faktor penghambat tersebut yaitu adanya problematika linguitik seperti; kosakata (mufradat), tata bunyi, tata kalimat, dan identifikasi bunyi kata dalam tulisan Arab braille, dan problematika non-linguistik meliputi sumber belajar siswa, penguasaan guru terhadap materi, dan keadaan siswa. %Z Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.