eprintid: 59493 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/94/93 datestamp: 2023-07-12 08:23:27 lastmod: 2023-07-12 08:23:27 status_changed: 2023-07-12 08:23:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Sarah, NIM.: 19104030012 title: METODE GURU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK SPEECH DELAY USIA 3-5 TAHUN DI KB RIYADUS SALIHIN ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_anak divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Metode Guru, Stimulasi, Perkembangan Bahasa, Speech Delay note: Pembimbing: Eko Suhendro, M. Pd abstract: Bahasa adalah alat komunikasi untuk bersosialisasi, perkembangan bahasa anak sangatlah krusial dan dapat mempengaruhi aspek perkembangan yang lain. Keterlambatan bahasa pada anak speech delay di KB Riyadus Shalihin memiliki faktor dan karakteristik yang berbeda maka dari itu guru menggunakan beberapa metode untuk dapat menstimulasi perkembangan bahasa pada anak speech delay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui metode guru dalam menstimulasi anak speech delay di KB Riyadus Salihin, (2) mengetahui hasil dari metode yang guru berikan untuk menstimulasi kemampuan bahasa pada K, H dan KH sebagai anak yang terdiagnosa Speech Delay di KB Riyadus Salihin, (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menstimulasi perkembangan bahasa pada anak speech delay melalui metode yang guru berikan di KB Riyadus Salihin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian kepala KB, wali kelas dan tiga peserta didik yaitu KH, H dan K. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivication. Uji keabsahan menggunakan tringulasi. Hasil penelitian menjunjukan bahwa pertama, guru menggunakan beberapa metode untuk menstimulus perkembangan bahasa anak speech delay di KB Riyadus Salihin sesuai dengan karakteristiknya yaitu metode untuk K dan H ialah memperjelas kata dan kalimat yang dikatakan anak dan membetulkan kata atau kalimat yang kurang tepat sedangkan untuk KH sudah mendapatkan terapi di rumahnya, Adapun metode yang guru terapkan di sekolah meliputi: (a) memperbaiki pengucapan kata, (b) metode bercerita, (c) menggambar bebas dan menceritakannya, (d) pembiasaan membaca, (e) metode tanya jawab, (f) metode terapi kolaborasi dengan orangtua, (g) kerjasama guru dengan orangtua. Kedua, hasil penggunaan metode yang guru terapkan kepada K, H dan KH, terdapat perbedaan pada indikator tingkat pencapaian bahasa yang dimana K masih belum mau berpartisipasi dalam permainan jari dan menyanyi selama waktu berkelompok, KH masih belum berkembang pada indikator berbicara dengan jelas, koheren dan H pada setiap indikatornya berkembang dengan baik. Ketiga¸keberlangsungan metode yang guru terapkan untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak terdapat dua faktor yang mempengaruhi yakni: (1) faktor pendukung: (a) teman sebaya, (b) metode yang digunakan oleh guru, (c) media pemebelajaran. (2) faktor penghambat: (a) kehadiran peserta didik, (b) kurangnya kecakapan guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa pada anak speech delay, (c) kurangnya kerjasama yang intensif dengan orangtua dan guru, (d) kegiatan yang beragam. date: 2023-05-08 date_type: published pages: 146 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Sarah, NIM.: 19104030012 (2023) METODE GURU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK SPEECH DELAY USIA 3-5 TAHUN DI KB RIYADUS SALIHIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59493/1/19104030012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59493/2/19104030012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf