@phdthesis{digilib59494, month = {May}, title = {PENGARUH MINAT, EFIKASI DIRI, DAN PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR TERHADAP TPACK: PERSEPSI CALON GURU PAUD}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104030050 Sarah Salsabila}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Hafidh `Aziz, S.Pd.I., M.Pd.I.}, keywords = {Efikasi Diri, Pengalaman Praktik Mengajar, TPACK}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59494/}, abstract = {Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan kerangka kerja tentang penggabungan ketiga unsur yaitu pedagogik pengajaran, konten dan teknologi pengajaran. Penggabungan unsur ini akan membentuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini, untuk menentukan pengaruh minat terhadap TPACK, efikasi diri terhadap TPACK, dan pengalaman praktik mengajar terhadap TPACK, dan untuk mengetahui pengaruh Minat, Efikasi Diri, dan Pengalaman Praktik Mengajar terhadap TPACK pada persepsi calon guru PAUD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PIAUD UIN Sunan Kalijaga angkatan 2019 yang menginjak semester akhir berjumlah 84 mahasiswa dan sampel diambil semua. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel minat tidak berpengaruh signifikan terhadap TPACK diindikasikan dengan nilai sig {\ensuremath{>}} 0,05. Variabel efikasi diri dan pengalaman praktik mengajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap TPACK diindikasikan dengan sig {\ensuremath{<}} 0,05. Secara menyeluruh (simultan) variabel minat, efikasi diri, dan pengalaman praktik mengajar berpengaruh terhadap Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) diindikasikan dengan nilai signifikasi {\ensuremath{<}} 0,05. Ketiga variabel memiliki hubungan yang cukup kuat dan memiliki sumbangan pengaruh terhadap TPACK sebesar 75,4\%.} }