<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika materi perbandingan senilai dan berbalik nilai terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B. Variabel bebas penelitian ini adalah pendekatan kontekstual, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPN 15 Yogyakarta.\r\nTeknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan melalui wawancara dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Analisis dalam kondisi meliputi komponen panjang kondisi, estimasi kecenderungan arah (estimate of trend direction), kecenderungan stabilitas (trend stability), jejak data (data path), tingkat stabilitas dan rentang (level stability and range), dan perubahan level (level change). Sedangkan analisis antar kondisi meliputi komponen jumlah variabel yang diubah, perubahan kecenderungan arah dan efeknya, perubahan stabilitas, perubahan level (level change), dan tumpang tindih (overlap). Penyajian hasil penelitian menggunakan tabel dan grafik.\r\nBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika materi perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk siswa tunagrahita dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep pada fase baseline diperoleh nilai 32,5 sedangkan nilai rata-rata fase Intervensi diperoleh nilai 95. Hal tersebut juga didukung dengan perubahan arah yang semakin membaik serta persentase sebesar 0% untuk data yang overlap. Jadi, pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai."^^ . "2023-05-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 19104040011"^^ . "Zahrina Salsabila"^^ . "NIM.: 19104040011 Zahrina Salsabila"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Text)"^^ . . . . . "19104040011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Text)"^^ . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #59496 \n\nPEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Matematika" . .