eprintid: 59496 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/94/96 datestamp: 2023-07-12 08:23:44 lastmod: 2023-07-12 08:23:44 status_changed: 2023-07-12 08:23:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Zahrina Salsabila, NIM.: 19104040011 title: PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Single Subject Research (SSR), Kemampuan Pemahaman Konsep, Siswa Tunagrahita, Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai note: Pembimbing: Dian Permatasari, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika materi perbandingan senilai dan berbalik nilai terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B. Variabel bebas penelitian ini adalah pendekatan kontekstual, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan melalui wawancara dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Analisis dalam kondisi meliputi komponen panjang kondisi, estimasi kecenderungan arah (estimate of trend direction), kecenderungan stabilitas (trend stability), jejak data (data path), tingkat stabilitas dan rentang (level stability and range), dan perubahan level (level change). Sedangkan analisis antar kondisi meliputi komponen jumlah variabel yang diubah, perubahan kecenderungan arah dan efeknya, perubahan stabilitas, perubahan level (level change), dan tumpang tindih (overlap). Penyajian hasil penelitian menggunakan tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika materi perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk siswa tunagrahita dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep pada fase baseline diperoleh nilai 32,5 sedangkan nilai rata-rata fase Intervensi diperoleh nilai 95. Hal tersebut juga didukung dengan perubahan arah yang semakin membaik serta persentase sebesar 0% untuk data yang overlap. Jadi, pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. date: 2023-05-30 date_type: published pages: 307 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zahrina Salsabila, NIM.: 19104040011 (2023) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59496/1/19104040011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59496/2/19104040011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf