TY - THES N1 - Pembimbing: Dian Permatasari, M.Pd ID - digilib59497 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59497/ A1 - Dewi Maisaroh, NIM.: 19104040014 Y1 - 2023/05/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengambangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika dalam memfasilitasi pemahaman konsep yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh peserta didik kelas VII materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD, indikator angket respon peserta didik, angket respon peserta didik, kisi-kisi soal posttest pemahaman konsep, soal posttest pemahaman konsep, alternatif penyelesaian soal posttest pemahaman konsep, dan pedoman penskoran soal posttest pemahaman konsep. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor hasil penilaian adalah 153,4 dan termasuk dalam kategori ?sangat baik?, praktis dengan skor rata-rata angket respon peserta didik 56,75 dan berada dalam rentang 49,5 < PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - LKPD KW - Etnomatematika KW - Pemahaman Konsep KW - Transformasi Geometri M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF TENUN TROSO DALAM MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS VII AV - restricted EP - 275 ER -