eprintid: 59498 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/94/98 datestamp: 2023-07-12 08:23:54 lastmod: 2023-07-12 08:23:54 status_changed: 2023-07-12 08:23:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Halimatus Sadiyah, NIM.: 19104040016 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SETTING NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP SAINS WAHID HASYIM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Problem Posing Setting NHT, Kemampuan Berpikir Kritis, Kepercayaan Diri note: Pembimbing: Nidya Ferry Wulandari, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem posing setting number head together pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Sains Wahid Hasyim terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen.dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pada desain penelitian ini, sampel nya dipilih random kemudian dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal dan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir. Variabel bebas dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran problem posing setting NHT dan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, lembar kerja peserta didik, soal pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis, dan angket kepercayaan diri peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t untuk kemampuan berpikir kritis dan uji Mann-Whitney untuk kepercayaan diri peserta didik. Hasil penelitan didapatkan bahwa model pembelajaran problem posing setting NHT lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Sains Wahid Hasyim. Dalam hal ini dapat dilihat dari data nilai pretest kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak adanya perbedaan rata-rata yang signifikan. Kemudian dilihat nilai sig. postest berpikir kritis 0,021 dan nilai sig. posttest kepercayaan diri 0,002 < 0,05 maka model pembelajaran problem posing setting NHT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir krtitis dan kepercayaan diri peserta didik. date: 2023-05-31 date_type: published pages: 314 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Halimatus Sadiyah, NIM.: 19104040016 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SETTING NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP SAINS WAHID HASYIM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59498/1/19104040016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59498/2/19104040016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf