relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59499/ title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR creator: Firsta Adilaturrahmah, NIM.: 19104040041 subject: Media Pembelajaran subject: Pendidikan Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi nilai keislaman untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Produk yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang terintegrasi nilai keislaman pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze – Design – Develop – Implement – Evaluate). Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD ini terdiri dari lima ahli, sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri 7 Bantul tahun ajaran 2022/2023. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk Berdasarkan hasil dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) LKPD terintegrasi nilai keislaman untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik dikembangkan dengan 5 tahap pengembangan menurut ADDIE yaitu tahap analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implement), dan evaluasi (Evaluate). Tahap awal dalam pengembangan dilakukan analisis kebutuhan, karakteristik dan kurikulum. Selanjutnya disusun desain produk dan dilakukan pengembangan produk sesuai desain. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi dan diujicobakan kepada peserta didik agar mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Tahap terakhir adalah evaluasi untuk menentukan kelayakan produk; 2) kualitas LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata sebesar 248 dan memperoleh kriteria sangat baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD ini memperoleh nilai rata-rata 60,375 dengan persentase keidealan sebesar 75,47% sehingga LKPD ini dinyatakan praktis. Hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh persentase ketuntasan peserta didik sebesar 78,125% dan dinyatakan efektif. Dengan demikian, LKPD terintegrasi nilai keislaman ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. date: 2023-05-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59499/1/19104040041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59499/2/19104040041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Firsta Adilaturrahmah, NIM.: 19104040041 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.