eprintid: 5950 rev_number: 28 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/50 datestamp: 2013-03-27 12:36:11 lastmod: 2016-03-01 04:52:02 status_changed: 2012-05-04 16:49:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANITA NURHIDAYAT - NIM. 06680017, title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SISWA KELAS X SMAN 3 BANTUL ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Aktivitas, Penguasaan Konsep. note: Pembimbing: Drs. Satino, M. Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada pembelajaran biologi pokok bahasan Archaebacteria dan Eubacteria siswa kelas X SMA N 3 Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantul, dengan sampel 2 kelas yaitu kelas X2 sebgai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol, yang diambil secara acak. Data diperoleh melalui lembar observasi dan metode tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data aktivitas dianalisis secara deskriptif dan data tes dianalisis dianalisis secara inferensial menggunakan uji-t. Hasil analisis secara deskriptif terhadap skor aktivitas siswa yang meliputi: mengemukakan pendapat, menerima pendapat orang lain, bekerjasama dengan kelompok, mengikuti presentasi, membuat catatan materi dan mengikuti proses pembelajaran dengan antusias menunjukkan bahwa persentase tiap-tiap aspek aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding aktivitas siswa pada kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas pada pembelajaran biologi pokok bahasan Archaebacteria dan Eubacteria siswa kelas X SMA N 3 Bantul tahun ajaran 2010/2011. Hasil uji t terhadap data posttest penguasaan konsep menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,039 0,05. Artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap penguasaan konsep pada pembelajaran biologi pokok bahasan Archaebacteria dan Eubacteria siswa kelas X SMA N 3 Bantul tahun ajaran 2010/2011. Dengan demikian model group investigation dapat dijadikan alternatif model pembelajaran terhadap aktivitas dan penguasaan konsep biologi siswa kelas X semester gasal SMA N 3 Bantul pada pokok bahasan Archaebacteria dan Eubacteria. date: 2011-04-08 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-04-08 14:08:59 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--anitanurhi-5730-1-anitanu-f.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/115/digilib-uinsuka--anitanurhi-5730-1-anitanu-f.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6352 ; nama file lama : ANITA NURHIDAYAT - NIM. 06680017 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1130261 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ANITA NURHIDAYAT - NIM. 06680017, (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SISWA KELAS X SMAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5950/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5950/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf