eprintid: 59504 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/95/04 datestamp: 2023-07-05 01:47:30 lastmod: 2023-07-05 01:47:30 status_changed: 2023-07-05 01:47:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Lintang Ega Shavira, NIM.: 19104040048 title: PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ispublished: pub subjects: Matematika subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Subject Spesific Pedagogy (SSP); pendekatan pendidikan matematika realistik; etnomatematika; pemecahan masalah note: Pembimbing: Suparni, S.Pd., M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) materi bangun datar segi empat dengan pendekatan realistik berbasis etnomatematika untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah. Tujuan akhirnya adalah untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran berupa Subject Spesific Pedagogy (SSP) materi bangun datar segi empat dengan pendekatan realistik berbasis etnomatematika yang berkualitas dan layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang menggunakan model pengembangan 4-D. Tahap-tahap pengembangan pada penelitian ini meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebarluasan (disseminate). Instrumen yang digunakan ameliputi lembar skala penilaian SSP, lembar skala respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar soal penilaian akhir materi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 1) SSP materi bangun datar segi empat dengan pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika berhasil dikembangkan melalui empat tahapan pengembangan model 4-D; 2) SSP yang dikembangkan mendapatkan kualitas penilaian sangat baik dan mendapatkan hasil penilaian validasi dengan presentase keidealan sebesar 89,87%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan SSP ini juga mendapatkan presentase keidealan pada kategori baik dengan skor 76,35%. Berdasarkan keterlaksanaan SSP, diperoleh kategori keterlaksanaan yang sangat baik untuk kegiatan pendidik dengan presentase keidealan rata-rata sebesar 95% dan kegiatan peserta didik dengan presentase keidealan sebesar 86% serta sebanyak 7% peserta didik memperoleh hasil penilaian akhir materi di atas nilai KKM yang ditentukan pada materi ini, yaitu 72; 3) SSP materi bangun datar segi empat dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikembangkan telah mendapatkan penilaian valid dan praktis berdasarkan data yang didapatkan selama proses pengembangan date: 2023-04-10 date_type: published pages: 378 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lintang Ega Shavira, NIM.: 19104040048 (2023) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59504/1/19104040048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59504/2/19104040048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf