eprintid: 59509 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/95/09 datestamp: 2023-07-05 01:30:22 lastmod: 2023-07-05 01:30:22 status_changed: 2023-07-05 01:30:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sri Ayuningsih, NIM.: 19104060007 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa note: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc abstract: Dewasa ini masih banyak siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa rendah pada pelajaran kimia terutama materi larutan penyangga. Hal itu disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih terpusat pada guru, di mana siswa pasif dan hanya diberikan materi serta diarahkan untuk menghafal materi tanpa kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk melakukan penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi larutan penyangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kejobong. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design atau eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas XI MIPA yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen berupa angket kemampuan berpikir kritis dan soal pilihan ganda materi larutan penyangga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran materi larutan penyangga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam membangun pengetahuan mereka sendiri, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen sebesar 58,32 dan kelas kontrol sebesar 55,29. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen sebesar 84,77 dan kelas kontrol sebesar 79,53. Kesimpulan dari hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kejobong. date: 2023-05-31 date_type: published pages: 183 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sri Ayuningsih, NIM.: 19104060007 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59509/1/19104060007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59509/2/19104060007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf