TY - THES N1 - Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd ID - digilib59511 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59511/ A1 - Raden Rara Tasya Noor Nabila, NIM.: 19104060036 Y1 - 2023/05/30/ N2 - Minimnya kemampuan berpikir kreatif menyebabkan siswa kurang maksimal dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas E-LKPD bermuatan STEAM-PjBL pada materi laju reaksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas produk dan respon siswa. Hasil penilaian e-LKPD berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, reviewer, dan respon siswa berturut-turut mendapat persentase keidealan sebesar 93%, 97%, 90%, dan 93% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian disimpulkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - E-LKPD KW - STEAM KW - PjBL KW - Laju Reaksi KW - Berpikir Kreatif M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LKPD MATERI LAJU REAKSI BERMUATAN STEAM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA AV - restricted EP - 135 ER -