TY - THES N1 - Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd ID - digilib59513 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59513/ A1 - Vivin Fasihatul Harfiah, NIM.: 19104060044 Y1 - 2023/05/19/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif peserta didik yang ditunjukkan melalui pemahaman peserta didik yang kurang maksimal serta adanya miskonsepsi terkait materi kimia maupun metode pembelajaran yang diberikan oleh guru. Selain itu guru kurang melibatkan peran aktif peserta didik sehingga tingkat kerjasama peserta didik dengan temannya masih rendah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh metode Focus Group Discussion terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada materi redoks.2) Mengetahui pengaruh metode Focus Group Discussion terhadap ketermpilan kerjasama peserta didik pada materi redoks. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen . Bentuk desain pada penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MA Unggulan Darul Ulum Jombang. Sampel yang digunakan terdiri 34 perserta didik dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji analisis statistik untuk kemampuan kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest berturut turut adalah 62,79 dan 74,85 dengan hasil uji Paired Sample t Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 Ho ditolak. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest berturut turut adalah 61, 76 dan 69,41 dengan hasil uji Paired Sample t Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 Ho ditolak. Adapun hasil uji analisis terhadap keterampilan Kerjasama kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 63, 35 dan 75, 76 dengan hasil uji Paired Sample t Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 Ho ditolak. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest berturut turut adalah 29,65 dan 38,47 dengan hasil uji Paired Sample t Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 Ho ditolak. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kemampuan Kognitif KW - Keterampilan Kerjasama KW - Metode Focus Group Discussion M1 - skripsi TI - PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS AV - restricted EP - 208 ER -