eprintid: 59514 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/95/14 datestamp: 2023-07-05 01:42:36 lastmod: 2023-07-05 01:42:36 status_changed: 2023-07-05 01:42:36 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Kun Faizah Indarwirawan, NIM.: 19104060047 title: ANALISIS KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF BERDASARKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DI KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH ispublished: pub subjects: in_klusif subjects: pen_kim subjects: pend_komp divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Inklusif, Tpack, Udl, Guru Kimia, Smartpls note: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. abstract: Kompetensi guru kimia mengenai pembelajaran inklusif diperlukan untuk mewujudkan pendidikan untuk semua. Tingkat kompetensi guru-guru kimia perlu diinvestigasi untuk menganalisis sejauh mana mereka memahami makna pendidikan inklusif serta mengimplementasikannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Studi ini difokuskan pada kompetensi guru-guru kimia SMA dan MA di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah dalam merancang pembelajaran inklusif mengacu pada dua kerangka kerja yaitu, TPACK dan UDL. Deskriptif kuantitatif digunakan sebagai desain penelitian dan sebanyak 37 orang guru kimia dilibatkan untuk mengisi kuesioner serta 6 orang diantaranya diwawancarai secara mendalam. Data yang diperoleh dari isian kuesioner dianalisis menggunakan SmartPLS sedangkan hasil wawancara dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari path coefficient diketahui mayoritas jalur TPACK-UDL tidak signifikan kecuali PCK (Pedagogical Content Knowledge) sehingga indikator ini sangat penting untuk mendukung penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan hasil wawancara menggambarkan hanya ada satu guru yang mempertimbangankan penggunaan teknologi ke dalam pembelajaran khususnya untuk bantuan praktikum dengan menggunakan aplikasi chemlab. Mengenai pembelajaran inklusif, guru-guru kimia di SMA/MA Kebumen memiliki perspektif yang positif tentang pembelajaran untuk anak dengan disabilitas, hanya saja mereka tidak memiliki bekal kemampuan yang baik untuk mendesain dan mengimplementasikan prinsip-prinsip pembelajaran inklusif. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya pelatihan ke guru-guru kimia tentang pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran, termasuk bagaimana merancang pembelajaran yang mendukung semua siswa. date: 2023-05-10 date_type: published pages: 76 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Kun Faizah Indarwirawan, NIM.: 19104060047 (2023) ANALISIS KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF BERDASARKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DI KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59514/1/19104060047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59514/2/19104060047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf