TY - THES N1 - Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd. ID - digilib59515 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59515/ A1 - Elisa Yuliana, NIM.: 19104060050 Y1 - 2023/05/15/ N2 - Hasil belajar menjadi penentuan keberhasilan suatu pembelajaran. Dikatakan berhasil jika hasil belajar melampaui KKM. Namun, tidak semua peserta didik dapat mencapai hasil yang maksimal. Kreavitas juga diperlukan dalam pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan gagasan dalam memahami materi. Salah satu strategi yang tepat untuk meningkatan hasil belajar dan kreativitas peserta didik yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi asam basa kelas XI SMA/MA, (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap kreativitas peserta didik pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental dengan desain nonequivalent control group desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling, yaitu simple group random sampling. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan menggunakan soal tes dan lembar angket kreativitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi asam basa kelas XI SMA/MA ditunjukkan dari hasil output uji Man Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, (2) model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) efektif terhadap kreativitas peserta didik pada materi asam basa kelas XI SMA/MA ditunjukkan hasil uji t-sampel independen diperoleh Sig. 0,005 < 0,05. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Hasil Belajar KW - Kreativitas Peserta Didik KW - Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (Lt) M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA AV - restricted EP - 186 ER -