eprintid: 59519 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/95/19 datestamp: 2023-07-05 02:06:52 lastmod: 2023-07-05 02:06:52 status_changed: 2023-07-05 02:06:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Asyiqin Afifah, NIM.: 19104080064 title: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PROGRAM ISLAMIC MONTESSORI DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: bah_ing subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Bahasa Inggris, Program Islamic Montessori note: Pembimbing: M. Saidul Muzakki, S.Pd.I., M.Pd. abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tujuan pelaksanaan program Islamic Montessori dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan program Islamic Montessori di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Pelaksanaan program Islamic Montessori dilatarbelakangi oleh adanya kurikulum Islamic Cambridge, yaitu program Islamic Montessori sebagai program pendukung dari kurikulum Islamic Cambridge yang menggunakan bilingual dalam pembelajarannya. Karena tidak semua peserta didik memiliki basic berbahasa Inggris, maka diterapkanlah program Islamic Montessori sebagai program pendukung dari kurikulum Islamic Cambridge. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan peneliti menggunakan metode dan pendekatan tersebut adalah berupaya untuk memperoleh pemahaman secara mendalam terhadap situasi tertentu dan pemberian makna terhadap yang terlibat, serta hasil penelitian ini berupa deskripsi yang intensif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tujuan pelaksanaan program Islamic Montessori ialah supaya peserta didik mampu mengenal, membaca, melafalkan, dan menulis bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan. 2) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan program Islamic Montessori terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu kelas I berada pada tingkat pink series, kelas II blue series, dan kelas III green series. Sistem pembelajaran pada program ini adalah privat atau one by one, peserta didik praktik Montessori secara mandiri bersama dengan pendidik. Dengan sistem pembelajaran yang mandiri tersebut, maka pendidik juga akan lebih mudah dalam melihat perkembangan kemampuan peserta didik. Hasil belajar peserta didik berupa narasi yang dicantumkan pada rapor mereka. date: 2023-05-09 date_type: published pages: 160 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Asyiqin Afifah, NIM.: 19104080064 (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PROGRAM ISLAMIC MONTESSORI DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59519/1/19104080064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59519/2/19104080064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf