TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.S.I., M.Pd ID - digilib59534 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59534/ A1 - M. Sabiq Rohmatulloh, NIM.: 20204022010 Y1 - 2023/05/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Media pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas lima MI Qurrota A?yun. (2) Desain pengembangan media pembelajaran qiraah berbasis wezer.me siswa kelas lima MI Qurrota A?yun. (3) Implementasi dan hasil pengembangan media pembelajaran qiraah berbasis wezer.me siswa kelas lima MI Qurrota A?yun. Penelitian ini termasuk kategori penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Desain (rancangan), Development (mengembangkan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan tahapan tersebut telah menghasilkan media pembelajaran keterampilan membaca berbasis wizer.me yang telah lolos uji validasi oleh ahli materi, guru, dan ahli media. Hasil validasi dari beberapa ahli materi, ahli media dan guru terhadap bahan ajar digital bahasa Arab berada pada tingkat kategori sangat baik. Hasil penilaian validasi dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,27 dengan presentase 85 % dalam sangat baik, validasi guru mendapatkan skor rata-rata 3,9 dengan presentase 79 % dalam kategori baik dan validasi ahli media dengan skor rata-rata 3,95 dengan presentase 79 % dalam kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Media pembelajaran keterampilan membaca yang digunakan di MI Qurrota A?yun Wedomartani, Ngemplak, Sleman Yogyakarta saat ini masih tergolong pasif dan konvensional yakni dengan menggunakan media buku ajar, spidol, papan tulis, tangan, dan lainnya. (2) Desain pengembangan media pembelajaran keterampilan membaca yang digunakan di MI Qurrota A?yun Wedomartani, Ngemplak, Sleman Yogyakarta terdiri dari lima tahap: 1) Analisis, yaitu tahap identifikasi masalah; 2) Desain, yaitu (materi, tujuan pembelajaran, flowchart, dan membuat storyboard; 3) Pengembangan, yaitu membuat dan memvalidasi media/aplikasi; 4) Implementasi, yaitu mempersiapkan pendidik dan peserta didik; 5) Evaluasi, yaitu tahap akhir untuk menilai kualitas media/aplikasi. (3) Implementasi dan hasil pengembangan media pembelajaran keterampilan membaca berbasis Wizer.me Wedomartani, Ngemplak, Sleman Yogyakarta dilakukan dengan uji coba pada siswa dengan skala kecil dan uji coba dengan skala besar melalui tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan pentup. Untuk mendapatkan hasil respon guru dan siswa dengan penilaian kuisioner atau angket yang disebarkan setelah media diuji cobakan dan tervalidasi. Hasil: 1) Respon guru terhadap media wizer.me diperoleh rata-rata 3,94 dengan presentase 79% yang keduanya menurut skala likert lima termasuk dalam kategori ?sangat baik?; 2) Respon siswa dengan skala kecil terhadap media wizer.me diperoleh rata-rata 4,75 dengan presentase 96% yang keduanya menurut skala likert lima termasuk dalam kategori ?sangat baik?; 3) Respon siswa dengan skala luas terhadap media wizer.me diperoleh rata-rata 4,7 dengan presentase 94% yang keduanya menurut skala likert lima termasuk dalam kategori ?sangat baik?. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Keterampilan Membaca KW - Wizer.me M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS WIZER.ME DI MI QURROTA A?YUN SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 318 ER -