TY - THES N1 - Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc ID - digilib59543 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59543/ A1 - Agna Khoiriah, NIM.: 19104060017 Y1 - 2023/05/10/ N2 - Hasil belajar kimia dan keaktifan belajar siswa saat ini masih rendah, hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan penyajian materi pelajaran yang tidak menarik. Oleh karena itu perlunya penggunaan metode dan media pembeajaran yang tepat dalam menyajikan suatu materi untuk membantu siswa menguasai serta memahami segala sesuatu yang disajikan guru serta meningkatkan aktivitas dan keaktifan siswa. Terutama pada materi ikatan kimia yang bersifat abstrak. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan metode Student Team Achievement Division (STAD) dengan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan metode STAD dengan alat peraga terhadap hasil belajar materi ikatan kimia. 2) mengetahui apakah terdapat perbedaan metode STAD dengan alat peraga terhadap keaktifan materi ikatan kimia. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen yakni kelas X.I sebanyak 33 siswa dan kelas kontrol yakni kelas X.K sebanyak 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode soal tes, kuesioner keaktifan dan lembar observasi keaktifan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan metode STAD dengan alat peraga terhadap hasil belajar materi ikatan kimia, 2) terdapat perbedaan metode STAD dengan alat peraga terhadap keaktifan materi ikatan kimia.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan keaktifan antara siswa yang diberi metode STAD dengan alat peraga. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - metode STAD; alat peraga; hasil belajar; keaktifan; ikatan kimia M1 - skripsi TI - PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MATERI IKATAN KIMIA KELAS X AV - restricted EP - 165 ER -