eprintid: 59543 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/95/43 datestamp: 2023-07-05 03:53:21 lastmod: 2023-07-05 03:53:21 status_changed: 2023-07-05 03:53:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Agna Khoiriah, NIM.: 19104060017 title: PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MATERI IKATAN KIMIA KELAS X ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: metode STAD; alat peraga; hasil belajar; keaktifan; ikatan kimia note: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc abstract: Hasil belajar kimia dan keaktifan belajar siswa saat ini masih rendah, hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan penyajian materi pelajaran yang tidak menarik. Oleh karena itu perlunya penggunaan metode dan media pembeajaran yang tepat dalam menyajikan suatu materi untuk membantu siswa menguasai serta memahami segala sesuatu yang disajikan guru serta meningkatkan aktivitas dan keaktifan siswa. Terutama pada materi ikatan kimia yang bersifat abstrak. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan metode Student Team Achievement Division (STAD) dengan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan metode STAD dengan alat peraga terhadap hasil belajar materi ikatan kimia. 2) mengetahui apakah terdapat perbedaan metode STAD dengan alat peraga terhadap keaktifan materi ikatan kimia. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen yakni kelas X.I sebanyak 33 siswa dan kelas kontrol yakni kelas X.K sebanyak 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode soal tes, kuesioner keaktifan dan lembar observasi keaktifan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan metode STAD dengan alat peraga terhadap hasil belajar materi ikatan kimia, 2) terdapat perbedaan metode STAD dengan alat peraga terhadap keaktifan materi ikatan kimia.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan keaktifan antara siswa yang diberi metode STAD dengan alat peraga. date: 2023-05-10 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Agna Khoiriah, NIM.: 19104060017 (2023) PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MATERI IKATAN KIMIA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59543/1/19104060017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59543/2/19104060017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf