@mastersthesis{digilib59548, month = {May}, title = {KETERAMPILAN BERPIKIR ABAD KE-21 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI MANIFESTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU (STUDI PADA SISWA KELAS XI AGAMA MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21204021008 Izzah Naelun Ni?mah}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.}, keywords = {Pedagogik, Professional, Keterampilan Abad Ke-21, Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59548/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru Bahasa Arab MA Ali Maksum, bagaimana kompetensi professional guru Bahasa Arab MA Ali Maksum, bagaimana keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum dalam pembelajaran Bahasa Arab serta bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru terhadap keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linier berganda dan uji simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ali Maksum, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 53? 57 dengan skor 25\%. (2) kompetensi professional guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ali Maksum, berada pada kategori tinggi yaitu pada kelas interval 68-75 dengan skor 36,67\%. (3) keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ali Maksum, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 91-102 dengan skor 35\%. (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kompetensi professional guru terhadap keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta . Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi linier berganda dan uji simultan melalui program SPSS 16.00 for windows, yaitu diperoleh f hitung sebesar 24,105 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan f tabel pada taraf signifikansi 5\% dengan N= 60, yaitu 4,01. Dengan ketentuan jika f hitung {\ensuremath{>}} f tabel atau 24,105 {\ensuremath{>}} 4,01 (5\%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kompetensi professional guru terhadap keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023.} }