relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59548/ title: KETERAMPILAN BERPIKIR ABAD KE-21 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI MANIFESTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU (STUDI PADA SISWA KELAS XI AGAMA MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023) creator: Izzah Naelun Ni’mah, NIM.: 21204021008 subject: Pendidikan Bahasa Arab subject: Pendidikan berbasis kompetensi description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru Bahasa Arab MA Ali Maksum, bagaimana kompetensi professional guru Bahasa Arab MA Ali Maksum, bagaimana keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum dalam pembelajaran Bahasa Arab serta bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru terhadap keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linier berganda dan uji simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ali Maksum, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 53– 57 dengan skor 25%. (2) kompetensi professional guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ali Maksum, berada pada kategori tinggi yaitu pada kelas interval 68-75 dengan skor 36,67%. (3) keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ali Maksum, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 91-102 dengan skor 35%. (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kompetensi professional guru terhadap keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta . Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi linier berganda dan uji simultan melalui program SPSS 16.00 for windows, yaitu diperoleh f hitung sebesar 24,105 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan f tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N= 60, yaitu 4,01. Dengan ketentuan jika f hitung > f tabel atau 24,105 > 4,01 (5%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kompetensi professional guru terhadap keterampilan berpikir abad ke-21 siswa kelas XI Agama MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. date: 2023-05-24 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59548/1/21204021008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59548/2/21204021008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Izzah Naelun Ni’mah, NIM.: 21204021008 (2023) KETERAMPILAN BERPIKIR ABAD KE-21 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI MANIFESTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU (STUDI PADA SISWA KELAS XI AGAMA MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.