%0 Thesis %9 Skripsi %A DESI SRI LESTARI - NIM. 06680030, %B Fakultas Saintek %D 2011 %F digilib:5955 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K media pembelajaran, media power point, hasil belajar siswa. %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N I DEPOK TAHUN AJARAN 2010/2011 PADA POKOK BAHASAN JAMUR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5955/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N I Depok Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk quasi exsperiment dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang berarti pemilihan sampel berdasarkan tujuan tertentu yang dipilih menurut pertimbangan ahli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N I Depok yang terdiri dari 6 kelas, yang menjadi sampelnya hanya 2 kelas yaitu kelas XE sebagai kelas eksperimen dan kelas XF sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan analisis Uji-t untuk menghitung ada tidaknya pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa, hasil Uji-t peningkatan kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai dengan signifikan 2-tailed 0,422. Berarti hal tersebut menunjukan tidak ada pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N I Depok Yogyakarta. Selain itu, berdasarkan hasil angket yang diberikan menunjukan adanya respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media power point. Bertitik tolak dari penelitian ini maka dalam pembelajaran IPA Biologi guru diharapkan dapat menerapkan media power point dengan melakukan inovasiinovasi dalam pembelajaran. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh media power point terhadap hasil belajar yaitu kemampuan afektif dan kemampuan psikomorik siswa jika pembelajaran dilakukan dengan melalui media pembelajaran yang lain. %Z Pembimbing: Yuni Wibowo, M.Pd.