%A ELIAWATI - NIM. 06680010 %O Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd. %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION) TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK JAMUR SISWA KELAS X DI MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011 %X Penelitian yang dilakukan di kelas X MAN Gandekan Bantul pada mata pelajaran Biologi materi pokok Jamur bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission) terhadap partisipasi belajar siswa pada materi pokok jamur kelas X MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2010/2011, (2) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok jamur kelas X MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen kuasi (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Nonequivalent Control Group Pre-test Post-test Design. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas X MAN Gandekan Bantul yang berjumlah 161 siswa. Diambil sampel 2 kelas yang diambil secara random dengan undian, yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi partisipasi dan lembar soal pre-test dan post-test. Validitas instrument dilakukan dengan menggunakan validitas isi, validitas konstruk dan validitas empirik. Reliabilitas instrument di hitung dengan rumus Cronbach Alpha. Analisis data untuk partisipasi siswa dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data untuk data prestasi siswa dilakukan dengan menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian yang merupakan data partisipasi siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission)berpengaruh sangat signifikan (0,000) meningkatkan partisipasi siswa. Sedangkanuntuk prestasi belajar siswa, menunjukkan adanya nilai uji t sebesar 2,110 dengan signifikansi (p-0,039), yang artinya terdapat perbedaan prestasi yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission) efektif dalam peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada materi pokok jamur kelas X MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2010/2011 . %K Efektivitas, Kooperatif Tipe STAD, Partisipasi, Prestasi Belajar. %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5958