eprintid: 5958 rev_number: 26 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/58 datestamp: 2013-08-20 02:42:04 lastmod: 2016-03-02 02:42:07 status_changed: 2012-05-04 16:49:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ELIAWATI - NIM. 06680010, title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION) TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK JAMUR SISWA KELAS X DI MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Kooperatif Tipe STAD, Partisipasi, Prestasi Belajar. note: Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd. abstract: Penelitian yang dilakukan di kelas X MAN Gandekan Bantul pada mata pelajaran Biologi materi pokok Jamur bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission) terhadap partisipasi belajar siswa pada materi pokok jamur kelas X MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2010/2011, (2) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok jamur kelas X MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen kuasi (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Nonequivalent Control Group Pre-test Post-test Design. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas X MAN Gandekan Bantul yang berjumlah 161 siswa. Diambil sampel 2 kelas yang diambil secara random dengan undian, yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi partisipasi dan lembar soal pre-test dan post-test. Validitas instrument dilakukan dengan menggunakan validitas isi, validitas konstruk dan validitas empirik. Reliabilitas instrument di hitung dengan rumus Cronbach Alpha. Analisis data untuk partisipasi siswa dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data untuk data prestasi siswa dilakukan dengan menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian yang merupakan data partisipasi siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission)berpengaruh sangat signifikan (0,000) meningkatkan partisipasi siswa. Sedangkanuntuk prestasi belajar siswa, menunjukkan adanya nilai uji t sebesar 2,110 dengan signifikansi (p-0,039), yang artinya terdapat perbedaan prestasi yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission) efektif dalam peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada materi pokok jamur kelas X MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2010/2011 . date: 2011-04-08 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-04-08 15:42:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--eliawatini-5738-1-eliawati-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/115/digilib-uinsuka--eliawatini-5738-1-eliawati-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=6360 ; nama file lama : ELIAWATI - NIM. 06680010 EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 4733327 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ELIAWATI - NIM. 06680010, (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION) TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK JAMUR SISWA KELAS X DI MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5958/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5958/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf