@phdthesis{digilib5960, month = {January}, title = {SISTEM INFORMASI PERHOTELAN BERBASIS WEB DI HOTEL SHAGO BUNGSU PAYAKUMBUH}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 06650017 FEBY YANA }, year = {2015}, note = {Pembimbing: 1. Agus Mulyanto, M.Kom 2. Bambang Sugiantoro, M.T.}, keywords = {system development life cycle, modul payroll, modul reservasi front officer, modul reservasi online.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5960/}, abstract = { ABSTRAK Sistem informasi perhotelan merupakan sistem pengolahan data pada hotel baik dari segi olah data pegawai ataupun olah data pelanggan. Dalam olah data pegawai hotel memerlukan sistem payroll (penggajian) yang mengatur semua alur atau aktifitas penggajian pegawai agar pengolahan data penggajian tidak dilakukan secara manual. Hotel juga memerlukan sistem reservasi untuk front officer dan sistem reservasi onlie untuk memudahkan dalam mengolah data reservasi pelanggan hotel. Metode penelitian sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) waterfall. Metode ini waterfall merupakan bagian SDLC melalui tahap tahap tertentu. Tahap tahap tersebut yaitu Requirement Analysis merupakan proses melengkapi data data yang dibutuhkan, System Design merupakan tahap menerjemahkan kebutuhan menjadi sistem informasi berbasis komputer, Implementation merupakan proses mengimplementasikan sistem kedalam bahasa pemrograman tertentu, Integration amp; Testing merupakan proses mengintegrasikan sistem serta pengujian terhadap sistem, Operations amp; Maintenance yaitu sistem dijalankan serta dilakukan pemeliharaan terhadap sistem. Sistem ini menghasilkan modul reservasi front officer yang mengatur semua prosedur check-in maupun check-out hingga data data transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Pada modul penggajian data gaji pegawai dapat diolah mulai dari gaji pokok, tunjangan, serta potongan sehingga menghasilkan gaji bersih tiap pegawai. Pada modul reservasi online pelanggan dapat melakukan reservasi sendiri tanpa harus datang ke hotel, pelanggan dapat melakukan reservasi kapan saja dan dimana saja. div } }