TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H. Muh. Wasith Achadi, S.Ag., M.Ag ID - digilib59612 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59612/ A1 - Eko Ngabdul Shodikin, NIM.: 21204011061 Y1 - 2023/04/12/ N2 - Kemampuan menghafal Al-Qur??n merupakan sebuah skil harus senantiasa diasah. Kemampuan menghafal Al-Qur??n tersebut perlu diasah sejak dini, semakin dini pendidikan anak dimulai maka akan semakin baik. Pembelajaran Al-Qur??n tidak akan mengganggu otak anak sedikitpun apabila dilakukan dengan cara yang baik dan benar dan dengan metode yang tepat. Salah satu metode yang sudah diterapkan dibeberapa sekolah dasar adalah metode Sabaq, Sabqi, Manzil (SSM). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui kurikulum Ta?f?? Al-Qur??n di MITQ Jamilurrohman dan SD QU Al-I?tisham. (2) Untuk mengetahui implementasi metode Sabaq, Sabqi, Manzil di MITQ Jamilurrohman dan SD QU Al-I?tisham. (3) Untuk mengatahui hasil komparasi implementasi metode Sabaq, Sabqi, Manzil dalam pembelajaran Ta?f?? di MITQ Jamilurrohman dan SD QU Al-I?tisham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Lit Ta?f??il Qur??n Jamilurrohman dan Sekolah Dasar Qur??n Unggulan Al-I?tisham. Penelitian ini mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Setelah data dianalisis kemudian akan diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik trianggulas sumber dan trianggulasi data. Hasil penelitian terkait kurikulum Ta?f?? di MITQ Jamilurrohman memiliki kurikulum yang lebih lengkap dibandingkan dengan SD QU Al-I?tisham. Dimana jumlah waktu jam pelajaran dari MITQ lebih banyak dibandingkan dengan SD QU. Di MITQ juga diwajibkan untuk membaca dan menghafal buku metode Bin Baz. tajwid, dan Ghorib, serta tadarus Al-Qur??n sedangkan di SD QU Al-I?tisham hanya fokus untuk menghafalkan surat dalam Al-Qur??n. Kedua sekolah memiliki persamaan dalam implementasi metode SSM, yaitu tahap perencanaan pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun implementasi metode SSM terhadap kualitas pembelajaran Ta?f?? adalah metode SSM mampu untuk meningkatkan jumlah hafalan dan juga kualitas hafalan siswa. Walaupun belum semua siswa mampu mencapai target hafalan yang telah ditentukan. Implikasi metode SSM menjadikan siswa lebih disiplin dan teratur, semakin bersemangat dalam menghafal Al-Qur??n, serta komunikasi antara orang tua dan anak semakin baik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - implementasi metode ta?f??; kurikulum tahf?z; metode pembelajaran KW - Tahfiz Al-Qur?an; Sabaq KW - Sabqi M1 - masters TI - IMPLEMENTASI METODE TAHFIZ SABAQ, SABQI, MANZIL (Studi Komparasi pada Madrasah Ibtidaiyah Lit Tahfizil Qur?an Jamilurrohman Bantul dan Sekolah Dasar Qur?an Unggulan Al-I?tisham Gunungkidul) AV - restricted EP - 252 ER -