TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Muhamaad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I ID - digilib59632 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59632/ A1 - Wahyu Dwi Taryanto, NIM.: 21204021015 Y1 - 2023/06/08/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Hal ini tentunya menyebabkan hasil belajar peserta didik pun ikut menurun. Permasalahan ini tentu lahir dari beberapa sebab, salah satunya adalah minimnya penggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bahasa Arab di SMP MBS Yogyakarta, guru sebagai pendidik hanya terpaku pada metode ceramah saja, selain dari pada itu guru mengalami dekadensi atau penurunan terhadap hal inovasi pembelajaran pada masa transisi setelah adanya pandemi covid-19. Oleh karenanya peneliti mengembangkan multimedia pembelajaran video interaktif dengan pendekatan komunikatif ini agar dapat membantu guru dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peneliti mengggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) dengan mengikuti langkah-langkah ADDIE (a) Analysis (Analisis) (b) Design (Perencanaan) (c) Development (Pengembangan) (d) Implementation (Implementasi), dan (e) Evaluastion (Evaluasi). Penelitian ini mengambil sampel seluruh peserta didik kelas IX A SMP MBS Yogyakarta sebanyak 30 Siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Produk berupa Multimedia Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Adobe Premier Pro & Sparkol Video Scribe Dengan Pendekatan Komunikatif yang telah dikembangkan peneliti dengan prosedur ADDIE. Dengan hasil validasi para ahli terkait dengan kelayakan multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan yang meliputi validasi ahli media 1 dengan hasil presentase penilaian sebesar 84%, ahli media 2 dengan hasil presentase penilaian sebesar 90%, dan ahli materi dengan hasil presentase penilaian sebesar 87%, keseluruhan hasil presentase penilaian dari para ahli tersebut mendapatkan kategori validasi ?Sangat Baik?. Sementara pada respon guru, peneliti mendapatkan presentase penilaian sebesar 86% dan pada respon siswa menedapatkan presentase penilaian sebesar 84%, dan keduanya mendapatkan kategori validasi ?Sangat Baik?. 2. Hasil implementasi pre-test dan post-test terhadap multimedia pembelajaran video interaktif yang telah dikembangkan peneliti pada peserta didik kelas IX A yang berjumlah 30 siswa. Peneliti mendapatkan presentase penilaian pre-test sebesar 60% dan post-test sebesar 87%, dan dengan hasil Sig. (2-tailed) paired sample t-test sebesar 0,000 dimana hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang dignifikan terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Multimedia Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Adobe Premier Pro & Sparkol Video Scribe Dengan Pendekatan Komunikatif Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MBS Yogyakarta efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - video interaktif; multimedia; Pembelajaran Bahasa Arab; hasil belajar M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MBS YOGYAKARTA AV - restricted EP - 197 ER -